Spektronics Aerio Superior, mobil gas buatan ITS Mejeng di Amrik

0
24
views
Spektronics Aerio Superior, mobil gas buatan ITS Mejeng di Amrik

Spektronics Aerio Superior atau Spektronics AS adalah mobil berbahan bakar gas buatan anak bangsa mahasiswa ITS.  Spektronics AS menggunakan reaksi dekomposisi Hidrogen peroksida  (H202) dengan katalis Ferum (III) Klorida (FeCI3) menghasilkan oksigen (O2) dan air (H2O). tekanan gas hasil reaksi tersebut yang digunakan sebagai penggerak mesin.

Cara kerja Spektronics Aerio Superior

Sistem pneumatik digunakan sebagai mesin penggerak mobil. Sistem dilengkapi dengan Roller Valve untuk mengontrol pergerakan Pneumatik. Mobil gas dari ITS tidak membutuhkan reaksi untuk Stopping Mechanism melainkan berdasarkan hasil reaksi dekomposisi untuk bergerak dan memberhentikan mobil.

Mobil akan berhenti saat oksigen sudah habis. Jadi jarak tempuh disesusai dengan bahan bakar yang tersedia.

Selain ramah lingkungan mobil Spektronics Aerio Superior juga memiliki Safety Valve untuk meminimalkan bahaya dari gas bertekanan. Safety Valve akan melepas gas apabila tekanan gas melebihi 8 bar. Gas yang di lepaskan adalah gas oksigen jadi benar-benar ramah lingkungan.

Spektronics Aerio Superior memiliki dimensi panjang 36,8 cm, lebar 25 cm dan tinggi 29 cm. Bobotnya hanya 7500 gram atau 7,5 kg.  jangan dibayangin untuk di pakai manusia di jalanan dengan ukuran dimensi besar ya. Untuk reaktornya menggunakan bahan tahan korosi yaitu SS316.

Reaktornya memiliki batas tekanan hingga 22 bar yang sudah  disertifkasi oleh PT. Agibatandre Karya Mandiri. Reaktor memiliki double Regulator yang memiliki fungsi sebagai kontol flow rate gas dan memisahkan gas dari zat pengotor sehingga gas oksigen yang dilepas merupakan O2 yang bersih.Spektronics Aerio Superior, mobil gas buatan ITS Mejeng di Amrik

Biaya untuk proyek Spektronics Aerio Superior habis 30-40 jt rupiah. pengerjaan mobil memakan waktu 3-4 bulan, 2 bulan untuk merancang reaktor.

Spektronics Aerio Superior karya Mahasiswa ITS  akan ikut berkompetisi di Amerika Serikat pada ajang American Institute of Chemical Engineers (AIChE) Chem-E CAR Competition 2017 di Minneapolis. Dari 13 anggota tim hanya 4 orang yang ikut ke Amrik yaitu Rifky Putra Herminanto, Irfan Nurul, Timotius Giovandi dan Miftatul Hadi. Semoga sukses ya bro…

Baca juga artikel pilihan di bawah ini bro

simber : Detik oto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here