Xpander vs Ertiga vs Cortez, pilih mana?

0
641
views
Xpander vs Ertiga vs Cortez ,pilih mana?

Goozir.com – Peta persaingan mobil MPV baru 2018 tampaknya akan semakin berdarah – darah dengan hadirnya All new Suzuki Ertiga dan All new Cortez 1.5 membuat Xpander harus waspada. Segmen 1,5 liter menjadi segmen yang banyak diminati oleh konsumen apa lagi untuk segmen MPV. Nah bagaimana persaingan Xpander VS Ertiga VS Cortez ? konsumen mau pilih yang mana? Mau beli yang mana?

Review Xpander VS Ertiga VS Cortez

Mitsubishi Xpander merupakan mobil segmen Low MPV namun memiliki desain ala SUV. Ruangan kabin yang lega dengan tempat duduk nyaman dan fitur ala suv ber teknologi jaman now. Suzuki Ertiga  merupakan mobil segmen MPV yang baru saja mendapatkan desain baru yang berubah total dari desain sebelumnya walaupun masih dengan mesin yang sama. Ada perubahan dari sisi Exterior maupun Interior serta fitur. Wuling Cortez mengeluarkan MPV 1,5 L mereka untuk berebut segemn panas di Indonesia. sudah Rahasia umum mobil besutan pabrikan Cina ini memiliki fitur banyak namun pricing lebih ekonomis.

Persaingan makin terasa sengit saat melihat pricing yang tidak terlalu jauh berbeda. Baik Xpander Ertiga dan Cortez memiliki jok berjumlah 7. Jadi tidak heran jika persaingan disegmen ini kedepannya akan berat. Xpander sangat baik diterima pasar, inden sampai sekarang masih terjadi. Bahkan saat ini Xpander sudah mulai di ekspor ke Filipina.

Ertiga membawa perubaha baru, Launcing di IIMS 2018 menjadi MPV yang paling banyak di test di ajang IIMS. Belum lagi jaminan Suzuki dimana lebaran 2018 konsumen sudah bisa bawa New Ertiga untuk di bawa mudik ke kampung halaman.

Warna 6 varian Mitsubishi Expander
Mitsubishi Xpander

Cortez 1.5 juga mendapat antusiasme yang cukup baik. Cortez menjadi mobil paling laris dari pabrikan Wuling. Belum lagi dengan kebiasaan fitur yang lebih lengkap dari kompetitor bisa menjadi pilihan. Sayangnya stigma merek Cina di Indonesia masih susah untuk bersaing.

Selanjutnya kita akan membahas perbandingan antara Xpander VS Ertiga VS Cortez dalam beberapa point yang akan coba kami jabarkan di bawah ini. langsung saja ya bro dan sis kita mulai dari poin pertama.

Segmentasi  Xpander VS Ertiga VS Cortez

Pada dasarnya 3 produk yaitu Xpander , Ertiga dan Cortez memiliki segmen yang sama.  Kelengkapan fitur desain dan suasana kabin akan menjadi penentu mana yang bakal di terima oleh pasar di luar merek loh ya…

Dimensi Xpander VS Rush VS Terios

Melihat ukuran dimensi ketiganya juga tidak jauh beda bahkan hampir mirip dimensinya antara satu dengan lainnya berikut komparasinya

Dimensi Xpander Ertiga Cortez
Panjang 4.475 mm 4.395 mm 4.780 mm
Lebar 1.750 mm 1.735 mm 1.816 mm
Tinggi 1.700 mm 1.690 mm 1.755 mm
Ground clearance 205 mm 185 mm – mm

Secara dimensi Cortez ukurannya lebih panjang dan lebar dibanding dengan Ertiga dan Xpander. Cortez lebih panjang 3 cm dibanding dengan Ertiga dan Xpander. Untuk lebarnya  Cortez lebih lebar 1 cm dibanding Xpander dan Ertiga. Tingginya lebih tinggi Cortez dengan perbedaan 1 cm. untuk ground clearance belum bisa membandingkan secara utuh namun untuk sementara Xpander unggul dnegan 20.5 cm

Fitur Xpander VS Ertiga VS Cortez

Fitur Expander

Mitsubishi Xpander memiliki sejumlah fitur unggulan yang sangat bermanfaat untuk konsumen jaman now. Sebut saja port buat ngecas hp. Mitsubishi xpander sudah memiliki port charger mulai dari baris depan, tengah hingga belakang.

Masalah parkir mundur juga don’t worry sudah ada kamera belakang, sehingga parkir mundurpun makin aman dan tidak usah takut nabrak tong sampah atupun lainnya.

Harga New Ertiga Semua tipe dan Pilihan warna
All New Suzuki Ertiga

Xpander juga sudah memiliki sistem smart key alias keyless. Selain itu juga hadir fitur smart system Etacs yang berfungsi mengunci pintu secara otomatis setelah ditinggal selama 30 detik, ati-ati nih jangan ditinggal kunci di dalam mobil ya….

Fitur lainnya adalah welcome light dan coming home light dengan fitur ini lampu akan menyala saat kita akan masuk kabin mobil.

Tilt dan telescopic Steering, dengan fitur ini setir dapat dinaikan dan diturunkan serta dapat di jauhkan atau didekatkan. Sangat bermanfaat untuk supir dengan daya jangkau yang berbeda.

Fitur suzuki Ertiga

Fitur Suzuki Ertiga tidak selengkap yang di miliki oleh Xpander. Ertiga sudang mengaplikasikan keyless dengan hadirnya tombol start stop botton. Kemudian sebagai sarana hiburan juga sudah memili head unit sebagaimana halnya Xpander dan bisa terhubung ke smartphone.

Untuk steering Ertiga hanya menyematkan fitur tilt saja dan absen fitur telescopic.

Fitur Wuling Cortez 1.5

Tidak banyak fitur yang bisa digali dari websitenya wuling Indonesia untuk Cortez 1.5 kita hanya menemukan Head unit dan tampa penjelasan pula.

Fitur keselamatan Xpander VS Ertiga VS Cortez

Fitur Keselamatan Xpander

Untuk fitur keselamatan Xpander sangat lengkap mulai dari rise body yang melindungi penghuni mobil di dalamnya saat terjadi kejadian yang tidak di inginkan. Terus ada fitur ABS untuk pengereman maksimal. radius putar juga kecil cukup 5,2 meter. Ada juga Hill Start Assist yang sangat berguna saat berhenti di tanjakan. Hadir juga pedestrian protection, Active Stability Control, 2 RS airbag dan emergency stop signal.

Fitur keselamatan Ertiga

Seperti halnya Xpnder yang punya 2 airbag Ertiga juga memiliki yang sama. Sasis di buat rigid dan ringan sehingga performa juga mantap saat cornering dan stoping.

Ertiga juga punya Electronic stability program. Punya juga sistem pengereman ABS. EDB dan fitur Isofix untuk pengaman bayi.

Fitur keselamatan Cortez

Wuling Cortez juga hadir dengan fitur ABS dan EBD untuk pengereman. Sekali lagi info yang di berikan website Wuling sangat sedikit dan kurang lengkap.

Harga Xpander VS Ertiga VS Cortez

Untuk harga,  persaingannya cukup dekat bro….  bisa kita lihat daftar harga masing masing merek di bawah ini.

Harga Mitsubishi Xpander

TIPE HARGA (OTR Jabodetabek)
Xpander GLX M/T Rp 197.100.000
Xpander GLS M/T Rp 215.600.000
Xpander Exceed M/T Rp 222.600.000
Xpander Exceed A/T Rp 233.000.000
Xapnder Sport A/T Rp 245.200.000
Xpander Ultimate A/T Rp 253.400.000

Harga Suzuki Ertiga

Tipe Harga OTR Jakarta
Ertiga GA Rp 193.000.000
Ertiga GL MT Rp 211.500.000
Ertiga GL AT Rp 222.000.000
Ertiga GX MT Rp 223.000.000
Ertiga GX AT Rp 233.500.000
Ertiga ESP MT Rp 228.000.000
Ertiga ESP AT Rp 238.500.000

Harga Wuling Cortez 1.5

» Harga Cortez 1.5 S dibanderol Rp 193.800.000 OTR Jakarta

» Harga Cortez 1.5 C dibanderol Rp 203.800.000 OTR Jakarta

Warna  dan varian Xpander VS Ertiga VS Cortez

Wuling Cortez 1500 cc, Spesifikasi Fitur Warna dan Harga
Wuling Cortez 1.5

Pilihan Warna Mitsubishi Xpander

Varian Warna
Ultimate A/T Red metallic, Diamond black mica, titanium grey metallic, sterling silver Metallic, Quartz White pearl
Sport A/T Red metallic, Diamond black mica, titanium grey metallic, sterling silver Metallic, Quartz White pearl
EXCEEED A/T Diamond black mica, sterling silver Metallic, Quartz White pearl
Exceed M/T Diamond black mica, sterling silver Metallic, Quartz White pearl
GLS M/T Diamond black mica, sterling silver Metallic, Quartz White pearl
GLX M/T Diamond black mica, Quartz White pearl

Pilihan Warna Suzuki Ertiga 2018

  1. New Ertiga Metallic Magma Gray
  2. New Ertiga Pearl Glorious Brown
  3. New Ertiga Metallic Silky Silver
  4. New Ertiga Prime Cool Black
  5. New Ertiga Pearl Snow White
  6. New Ertiga Pearl Bburgundy Red
  7. New Ertiga Pearl Radiant Red

Pilihan warna Wuling Cortez 1.5

  1. Burgundy Red
  2. Sand Brown
  3. Starry Black
  4. Dazzling Silver
  5. Pristine White

Transmisi yang digunakan oleh Xpander ada dua, manual dan otomatis. Demikian juga  dengan Ertiga. Namun  untuk Wuling Cortez hanya ada transmisi Manual saja.

Kesimpulan :

Nah sudah melihat bagaimana perbandingan ketiga produk kini menuju ke kesimpulan. Ketiga produk memiliki rentang harga yang berhimpitan, dibanderol mulai di bawah  200 juta hingga 200an juta. secara fitur Xpander lebih lengkap namun harus keluar sedikit lebih banyak duit. Sedangkan jika menginginkan yang sedang-sedang saja dengan jaminan aftersales yang banyak Ertiga bisa jadi pilihan. Untuk yang ingin punya sekedar mobil namun fitur lumayan lengkap bisa pilih Cortez. Sayangnya informasi yang bisa kita gali dari si cortez 1.5 sangat minim.

Baca juga info pilihan di bawah ini bro…

Last semoga info yang goozir sampaikan dapat berguna. Terutama untuk sobat yang sedang bingung mempertimbangkan mobil yang mau di beli. So apa kah sudah ada pilihan mobil mana yang mau di beli? Itulah perbandingan Xpander VS Ertiga VS Cortez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here