Beli Hilux atau Triton, Mana Lebih Unggul

Beli Hilux atau Triton, Pilih Mana

Diposting pada

Car.goozir.com –  Mitsubishi Indonesia baru saja meluncurkan Triton di Indonesia. Otomatis Mitsubishi lebih lambat dari Hilux yang sudah lebih dulu meluncur di Indonesia untuk versi terbaru. Dengan persaingan Hilux VS Triton Anda tidak perlu bingung mau beli Hilux atau Triton. Goozir sedikit kupas dari 3 aspek yang mungkin bisa menjadi gambaran kasar dan referensi sebelum membeli.

Beli Hilux atau Triton

Untuk memberikan gambaran lebih unggul mana antara Toyota Hilux atau Mitsubihsi Triton, 3 aspek berikut bisa jadi pertimbangn sebelum membeli.

Mesin Hilux VS Triton

Mesin Hilux hadir dengan kubikasi 2400 cc dengan bahan bakar solar. Sedangkan Mitsubishi Triton memiliki mesin Diesel 2400 cc untuk varian Ultimate, Exceed dan GLS. Sedangkan untuk varian HDX dan  GLX memiliki mesin berbeda.

Melihat power yang dihasilkan, walaupun Hilux dan Triton memiliki mesin yang sama 2.4 liter, power Triton lebih besar dibanding power Hilux. Power Hilux hanya 149,6 PS sedangkan Triton memiliki power 181 PS. Terdapat perbedaan power sekitar 31 PS.

Selain dibekali mesin diesel, Toyota Hilux juga dibekali dengan mesin bensin yang sama dengan mesin yang digunakan oleh Innova. Sedangkan mesin Triton sama dengan mesin yang digunakan oleh Pajero Sport Dakkar

Baca : Toyota Hilux 2018 meluncur di Thailand

Fitur Hilux VS Triton

Baik Hilux maupun Triton memiliki fitur keamanan airbag 7 buah. Secara safety keduanya dapat diadalkan. Namun dari segi fitur lainnya Toyota Hilux memiliki fitur lebih canggih dengan memanfaatkan sensor radar dan ultrasonic.

Fitur Keselamatan Triton Lainnya

Triton dibekali dengan fitur canggih lainnya yang belum diaplikasikan pada Toyota Hilux.

Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS)

Fungsi UMS pada Triton untuk mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun dari arah belakang kendaraan.

Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA)

BSW dan LCA berfungsi dalam memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada pada area blind spot atau yang melaju dengan cepat dari arah belakang. Fitur ini menggunakan sensor ultrasonik dan dan radar.

Rear Cross Traffic Alert (RCTA)

Fitur RCTA pada Triton berfungsi memonitor laju dibelalang kendaraan dengan menggunakan sensor radar.

Automatic High Beam

Fitur ini mampu mengalihkan sorot lampu utama tinggi dan rendah berdasarkan sensor visual depan.

Forward Collision Mitigation System (FCM)

Fitur FCM merupakan fitur pengereman darurat dengan sensor visual pada bagian depan.

Kedua mobl juga dibekali dengan Hill Start Assist Control yang mengontrol mobil sementara di tanjakan. Namun untuk Triton memiliki fitur tambahan lain yaitu Hill Descent Control (HDC).

Dengan HDC maka tidak perlu injak rem di turunan sebab sudah di kontrol otomatis, pengemudi cukup konsentrasi pada setir saja untuk mengendalikan mobil.

Baca : Harga Mitsubishi Triton Terbaru 2019 dan Fitur Keamanan Baru

Harga Hilux VS Triton

Dari segi harga Triton di banderol lebih mahal dibanding dengan Hilux. Namun dengan fitur keamanan yang lengkap beda harga Rp 10 – Rp 14 juta bisa dibilang tidak bikin tekor atau kemahalan.

Harga Toyota Hilux

Tipe

Harga

2.4 V 4X4 A/T Diesel

Rp 470.150.000

2.4 G 4X4 M/T Diesel

Rp 432.050.000

2.4 E 4X4 M/T Diesel

Rp 411.050.000

2.4 DSL 4X4  M/T 

Rp 335.290.000

2.4  M/T Diesel

Rp 235.850.000

2.0 M/T Bensin

Rp 218.350.000

Harga Mitsubishi Triton

Tipe

Harga

SU DC Ultimate 4X4 A/T

Rp 480,5 juta

SU DC Exceed 4X4 M/T

Rp 453 juta

SU  DC GLS 4X4 M/T

Rp 419 juta

SU DC HDX 4X4 M/T

Rp 395,5 juta

SU SC HDX 4X4 M/T

Rp 338 juta

SU SC GLX 4X2 M/T

Rp 250,5 juta

Jika dilihat dari segi harga keduanya memang ada perbedaan dimana Triton lebih mahal. Namun dari segi fitur, Mitsubishi Triton lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Hilux.

Baca juga info pilihan di bawah ini